.::Selamat Datang di Situs Kami , Semoga Website Kami ini Memberikan Pencerahan kepada Sahabat-Sahabat Mengenai Agama Kita yang Tercinta, Selamat Menikmati Hidangan Kami, dan Mohon Doanya ya Agar wAbsite Kami Tetap Eksis!! Amin::.

Rabu, 04 Juni 2008

Hasil Jajak Pendapat: Hukum Islam, Ilmu yang Terfavorit

Ilmu adalah adalah segala-galanya, kata ini adalah sangat pantas sekali jika disandarkan kepada manusia dari sejak lahir hingga masuk ke liangkubur, dari wanita hingga pria, dari bayi hingga kakek-kakek, dan bahkan dari pengangguran hingga presiden, semunya butuh ilmu dan ingin ilmu. Karena ilmu bagi manusia adalah pelita yang menerangi kegelapan ketika sedang mati lampu, sebagai bulan sebagai penghias malam agar lebih bercahaya dan indah, dan sebagai lampu sorot untuk menunjukan jalan yang suram agar tidak terperosok ke jurang yang sangat dalam.

Tanpa adanya ilmu maka manusia hampir sama dengan hewan, karena yang membedakan manusia dengan hewan adalah akal, dan akal sudah pasti berkaitan dengan ilmu. Hewan tidak mempunyai akal oleh karena itu hidupnya hanya ingin memuaskan nafsunya belaka, contohnya ketika ia makan maka ia tidak memikirkan cara yang sopan untuk makan dan ia pun tidak memikirkan untuk membuat piring agar makan lebih bersih dan sehat, sedangkan manusia mempunyai akal, dengan akal inilah manusia dapat berfikir mana yang baik dan mana yang buruk untuk dilakukan manusia, oleh karena itu peradaban manusia sangat maju sekali.


Dengan ilmu lah manusia bisa membuat gedung-gedung yang tinggi menjulang sehingga ketika kita tatap dari bawah gedung itu maka timbul dalam benak kita bahwa gedung yang tinggi itu telah mentok langit, karena ilmu peradaban berkembang dari manusia purba hingga manusia milenium, bahkan dengan ilmu manusia bisa mengetahui Tuhannya sehingga membuat dirinya semakin ta’at kepada Tuhannya.


Ilmu bukan hanya untuk kehidupan dunia saja, tetapi juga untuk kehidupan yang tanpa batas serta kehidupan yang sesungguhnya, yaitu akhirat. Alangkah indahnya sebuah perkataan, “Barangsiapa yang menginginkan dunia maka dengan ilmu, barangsiapa yang menginginkan akhirat maka dengan ilmu, dan barangsiapa yang menginginkan keduanya maka hendaknya dengan ilmu” oleh karena itu jangan lah ragu untuk memperdalam berbagai ilmu, baik untuk kehidupan dunia atau kehidupan akhirat ataupun kedua kehidupan itu maka berlomba-lombalah dalam mencari ilmu.


Dengan berbagai deskripsi di atas lah kami telah mengadakan jajak pendapat di website ibnusaduki selama kurang lebih satu bulan, walaupun jajak pendapat ini bukanlah bersifat ilmiah, tetapi jajak pendapat ini sebagai sandaran kita akan pentingnya sebuah ilmu bagi manusia. Sebenarnya jajak pendapat ini sebagai langkah awal kami untuk website ibnusaduki ke depannya, tetapi langkah awal ini kami tindak lanjuti dengan langkah kedua yaitu membumikan ilmu di setiap jiwa manusia.


Sebenarnya kami mengambil banyak pilihan tentang jajak pendapat kali, bukan hanya ilmu tentang keislaman saja, tetapi ilmu tentang umum, namun sayangnya dari sekian banyak pilihan ternyata 44% dari semua pemilih memilih hukum Islam yang lebih condong ke ilmu agama. Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa ilmu hukum Islam ini sangat penting sekali bagi kehidupan umat Islam secara keseluruhan, karena ilmu ini mencakup tingkah laku manusia dalam kesehariannya, mulai dari bangun tidur hingga hendak tidur kembali, mulai masalah bersuci hingga masalah hubungan yang intim, hal itu semua dibahas oleh ilmu hukum Islam. Maka sudah tidak heran lagi jika ilmu hukum Islam ini mendapatakan suara terbanyak dalam jajak pendapat kali ini.


Posisi kedua ditempati oleh akidah filsafat dengan mendapatkan 17% dari 100% suara, ilmu filsafat ini sangat urgent sekali bagi ilmu-ilmu yang lainnya, karena filsafat ini sebagai tonggak awal munculnya ilmu-ilmu yang lainnya. Sebelum filsafat menjadi ilmu khusus, filsafat lebih dikenal sebagai ilmu saja, jadi jika kita berbicara ilmu pada zaman dahulu, maka kita akan membahas masalah filsafat. Pada perkembangannya ilmu filsafat dikhususkan sebagai ilmu tersendiri, yang lebih dikenal dengan ilmu berfikir atau ilmu logika. Jadi dari dahulu hingga sekarang ilmu filsafat masih sangatlah penting, oleh karenanya ilmu ini mendapat respon terbanyak kedua dari pemilih.


Posisi yang ketiga diduduki oleh ilmu tasawwuf dan tafsir al-Qur’an. Ilmu tasawwuf ini sangatlah penting sekali bagi umat islam dalam mengenal Tuhannya, dengan perantaraan ilmu ini umat islam bisa mendapatkan kedudukan yang paling tinggi yaitu ma’rifatullah, sehingga ilmu ini pun sangat diminati oleh pemilih dalam jajak pendapat kali ini dengan perolahan suara 11%. Kemudian urutan yang sama juga diraih oleh tafsir al-Qur’an, hal yang wajar jika tafsir al-Qur’an menduduki posisi ketiga, karena al-Qur’an sendiri adalah pusat pengambilan hukum yang pertama sebelum al-Hadits, oleh karena itu untuk mendalami al-Qur’an secara menyeluruh dan mendalam maka di perlukanlah sebuah ilmu yang berkaitan dengan al-Qur’an ini, apalagi jika bukan tafsir al-Qur’an, oleh karena itu tafsir al-Qur’an mendapatkan perolehan suara 11% dan berhak menempati posisi ke tiga.


Dan posisi yang selanjutnya didapatkan oleh ilmu hadits dengan 6%, ilmu bahasa dengan 6%, dan ilmu yang lain-lainnya 6%, inilah jajak pendapat yang kami lakukan di website ibnusaduki selama satu bulan yang lalu, semoga hasil ini bisa menjadi tolak ukur kita dalam mendalami sebuah ilmu. Tidak ada kata yang terindah untuk bisa kita ungkapkan selain ilmu adalah sumber kehidupan manusia. Oleh karena itu, “Yuk mencari ilmu”.


Ilmu Apakah yang Anda sukai?

Hukum Islam : 44%

Aqidah Filsafat : 17%

Tasawwuf : 11%

Tafsir Qur'an : 11%

Hadits : 6%

Bahasa : 6%

Lain-Lain : 6%

Tidak ada komentar:

Template by - Abdul Munir - 2008